Breaking News: " Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) "

Polda Banten Ikuti Zoom Meeting Sosialisasi dan Mekanisme BTPKLWN

by polres serang - 25 Februari 2022 267 Views
IMG

Serang - Polda Banten ikuti zoom meeting terkait Mekanisme Program BTPKLWN (Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan) yang dilaksanakan di Ruang Vicon Polda Banten pada Jumat (25/02). 

 

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Anjak Madya Puskeu Polri Kombes Pol Eryek Kusmayadi dan diikuti oleh Kabidkeu Polda Banten Kombes Pol Endang Rukandi didampingi Kabag Binops Biroops Polda Banten AKBP Afrizal. 

 

Dalam arahannya, Kabidkeu Polda Banten Kombes Pol Endang Rukandi menyampaikan bahwa mekanisme penyaluran program BTPKLWN dengan target 500 ribu penerima bantuan pedagang kaki lima dan warung serta 880 ribu nelayan di seluruh wilayah Indonesia. 

 

"Kita terjunkan petugas TNI Polri untuk mendata calon penerima bantuan di lokasi usahanya dan memastikan calon tidak terdaftar pada sistem Badan Produktif Usaha Mikro (BPUM), selanjutnya verifikasi kesesuaian data dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sebanyak 500 ribu penerima bantuan PKLW serta 880 ribu nelayan," ujar Endang Rukandi. 

 

Setelah penyerahan bantuan, petugas membuat laporan dengan cara menginput data secara manual dan mengupload foto bukti serah terima bantuan kedalam sistem aplikasi Puskeu Presisi. 

 

Adapun kriteria penerima BTPKLWN yaitu warga negara Indonesia, memiliki kartu tanda penduduk, berdomisili di wilayah prioritas Program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem tahun 2022, tidak terdaftar sebagai penerima BPUM, bukan Aparatur Sipil Negara (TNI Polri, pegawai BUMN dan pegawai BUMD), memenuhi kriteria pekerjaan sebagai pedagang kaki lima, pemilik warung dan nelayan. Khusus kriteria nelayan buruh yang menggunakan alat tangkap tanpa kapal dan nelayan pemilik kapal 5 GT. 

 

Kabidkeu Polda Banten Kombes Pol Endang Rukandi menjelaskan untuk alur proses BTPKLWN dengan cara Bhabinkamtibmas datangi calon penerima lalu menginput NIK, data diri, sudah menerima bantuan atau belum, foto KTP dan foto calon penerima bantuan, kemudian tahap verifikasi, tahap administrasi satu dan dua yang terakhir tahap penyaluran. 

 

"Tujuan diadakannya kegiatan tata cara penginputan ini agar para personel yang bertugas dapat mememahi disetiap langkah-langkah dan tata cara alur proses penerimaan BTPKLWN dengan benar sesuai dengan prosedur," ungkapnya. 

 

Diakhir, Endang Rukandi mengatakan agar Polres jajaran memonitoring terhadap penyaluran BTPKLWN sehingga bisa memberikan masukan kepada Polsek dan memberikan solusi terhadap kendala yang dihadapi. (Bidhumas).

Most Popular

Recent Post

Pumas Polres Serang